Unknown


1. nekrotik dan apolosis adalah
a.   Nekrosis
-          Merupakan perubahan morfologi yang menyebabkan kematian sel.
-          Merupakan kejadian yang sering terjadi setelah stimulus eksogen dan ditampakkan dengan pembengkakan, denaturasi dan koagulais protein, berkurangnya organel serta cell rupture.
-          Dua proses yang menyebabkan perubahan morfologi pada nekrosis adalah :
a.       Denaturasi protein
b.      Pencernaan enzim dari organel dan sitosol, dengan kata lain lisosom mengeluarkan enzimnya ke dalam sitoplasma yang mengakibatkan enzim “melahap” seluruh organel dan komponen sel.
-          Nekrosis sel terlihat sangat eosin, gambaran seperti kaca ( homogeny ), dan sitoplasma bervakuola serta membrane sel terpotong-potong. Nukleus berubah menjadi :
a.       Kariolisis     : inti menghilang akibat hidrolisis kromatin
b.      Piknosis      : menyusutnya inti sel, batas tidak teratur serta peningkatan basofil sehingga tampak hyperkromatik
c.       Karioreksis  : inti terpecah-pecah membentuk granula-granula yang menggumpal


b.   Apoptosis
Kematian sel yang terprogram yang dirancang tubuh untuk menghilangkan populasi sel yang tidak diinginkan. Biasanya disebut “ aksi bunuh diri “.
Proses fisiologik dan patologisnya meliputi :
-          Kerusakan sel terprogram selama embryogenesis seperti terjadi pada implantasi, organogenesis dan terjadinya involusi.
-          Delesi sel pada populasi yang berproliferasi seperti epitel kripta usus / kematian sel pada tumor
-          Kematian sel oleh sel T sitotoksik
-          Rangsangan cedera ringan ( panas, radiasi, obat kanker sitotoksik ) yang menyebabkan kerusakan DNA.
Gambaran morfologi dari apooptosis meliputi :
a.       Pengerutan sel
b.      Kondensasi dan fragmentasi kromatin
c.       Terbentuk gelembung-gelembung sitoplastik dan badan-badan apoptotic
d.      Fagositosis sel-sel sehat ( makrofag ) di sekitarnya dengan tidak melibatkan proses inflamasi


2. pengertian anaplasia , hiperplasia dan metaplasia adalah:
§  -  Anaplasia
Merupakan pula perubahan ke arah kemunduran sel tetapi bersifat Irreversibel atau tidak dapat kembali normal. Anaplasia merupakan salah satu indikator dari munculnya sel tumor. Berbeda dengan displasia karena anaplasia lebih ke abnormalitasan sel yang jauh dari sel normal. Pada anaplasia dapat ditemukan gambaran yang abnormal karena disorientasi, maka jaringan atau sel gagal untuk membentuk struktur-struktur yang normal. Perubahan terjadi dalam bentuk, ukuran, kwalitas kromatin, jumlah mitokondria, dan orientasi dari pada sel-sel.
§   - Hiperplasia
Hiperplasia merupakan kelainan progresif berupa bertambahnya isi atau volume suatu jaringan atau alat tubuh akibat pembentukan atau tumbuhnya sel baru sehinnga terjadi pertambahan jumlah sel yang menyebabkan jaringan atau alat tubuh membesar. Pada kondisi tersebut membesarnya jaringan atau alat tubuh disebabkan oleh bertambahnya jumlah sel, bukan karena sel-selnya membesar.

§  - Metaplasia
Metaplasi ialah perubahan suatu jenis sel ataupun jaringan dewasa (yang telah berdiferensiasi) menjadi jenis sel atau jaringan lain yang juga dewasa. Perubahan ini dapat terjadi pada jaringan epitel maupun mesenkim. Pada epitel dapat disebabkan oleh trauma yang terus-menerus, radang berkepanjangan, juga defisiensi vitamin A. Pada sel-sel mesenkim yang masih primitif dapat berdiferensiasi setiap sel dalam deretan jaringan mesenkim.

3. perbedaan tumor jinak dan ganas
Pada tumor jinak  pertumbuhan sel tumornya lambat, bersimpai (mengandung kista) dan berselaput pembungkus, biasanya tidak berbahaya dan mudah dioperasi untuk pengangkatan tumor tersebut. Sedangkan pada tumor ganas yang disebut kanker biasanya sel-selnya akan tumbuh dengan cepat, tidak bersimpai dan tumbuhnya menyusunp ke bagian lain melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening sehingga sel kanker dapat menginvasi bagian tubuh lain hingga mengakibatkan lebih sulit disembuhkan.

 
4.bahan” Karsinogenik
Karsinogenik adalah sifat mengendap dan merusak terutama pada organ paru-paru karena zat-zat yang terdapat pada rokok. Sehingga paru-paru menjadi berlubang dan menyebabkan kanker.
Contoh:

0 Responses

Posting Komentar

translate